Selasa, 23 November 2010

Sejarah Internet


Berawal pada tahun 1969, pada saat itu Departemen Amerika membentuk Defense Advance Research Projects Agency (DARPA), dengan tujuan untuk mengadakan riset mengenai cara untuk dapat menghubungkan beberapa komputer untuk membentuk jaringan organik. Riset ini dikenal dengan sebutan ARPANET yaitu ( Avoidence Research Projects Network ).
Kemudian pada tahun 1970, pada tahun ini tercatat bahwa lebih dari sepuluh komputer berhasil terhubung antara satu sama lainnya, sehingga mereka dapat saling melakukan komunikasi dan dapat membentuk suatu jaringan.
Kemudian pada tahun 1973, jaringan komputer ARPANET, kemudian mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.komputer pertama yang menjadi anggota jaringan ARPANET terdapat di luar Amerika yakni komputer college, tepatnya di London. kemudian masih pada tahun yang sama, ada dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn, mereka mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar , yang merupakan cikal bakal dari pemikiran internet. Ide  tersebut dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Kemudian pada tahun 1976, seorang ratu dari inggris yang berhasil mengirimkan e – mail melalui Royal Signals dan Radar Establishment di Malvern. kemudian pada tahun berikutnya , terhitung sudah lebih dari seratus komputer yang tergabung dalam ARPANET yang membentuk jaringan ataupun network.
Pada tahun 1979, ada tiga orang ahli bernama, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin , mereka yang menciptakan newgroups pertama yang diberi nama USENET.
Kemudian pada tahun 1981, France Telecom yang menciptakan sebuah gebrakan dengan meluncurkan telepon televisi pertama, dimana orang dapatsaling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena melesatnya perkembangan komputer kemudian setiap harinya terbentuk jaringan- jaringan yang sangat banyak, maka pada saat itu sangant dibutuhkan protokol yang resmi yang dapat diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 telah dibentuk Transmission Control Protokol atau disebut TCP dan Internet Protokol  atau dapat disingkat menjadi IP. Pada tahun 1984, diperkenalkan sistem nama domain, yang dikenal dengan DNS atau Domain Name system, yang bertujuan untuk menyeragamkan alamat di jaringan – jaringan komputer yang ada dikarenakan komputer yang tersambung dengan jaringan yakni mencapai seribu lebih komputer.
Kemudian pada tahun 1987, jumlah komputer yang  tersambung ke jaringan naik menjadi sepuluh kali lipat yaitu menjadi sepuluh ribu lebih.
Kemudian pada tahun 1988, Jarko Oikarinen ahli dari Finland, beliau menemukan dan kemudian memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat, setahun kemudian, hubungan antara komputer tersebut naik sepuluh kali lipat lagi dalam kurun waktu setahun ini, yakni tidak kurang dari seratus ribu komputer yang terbentuk dengan sebuah jaringan.
Kemudian pada tahun 1990 yakni tahun yang paling bersejarah, yakni ketika Tim Berners Lee menemukan suatu program editor dan browser yang dapat menjelajahi antara satu komputer dengan komputer yang lain yang membentuk jaringan tersebut. Program inilah yang disebut denagn www atau Worl Wide Web.
Kemudian pada tahun 1992, komputer yang terhubung dengan jaringan internet sudah mencapai satu juta komputer, kemudian masih pada tahun yang sama, munculah istilah Surfing The Internet.
Kemudian pada tahun 1994, situs di internet telah mencapai angka tiga ribu alamat halaman dan untuk pertama kainya adanya Virtual-Shopping atau disebut juga e – Retail yang muncul di internet. Masih pada tahun yang sama, Yahoo didirikan dan kemudian pada tahun tersebut adanya kemunculan Netscape Navigator.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar