Selasa, 23 November 2010

Netiquette

Menurut istilah, Netiquette memiliki arti yakni etika dalam dunia internet yaitu menggunakan  etika dalam penggunaan internet yaitu berupa aturan – aturan maupun kebiasaan dalam melakukan komunikasi dan aturan ini umum berlaku di seluruh dunia, hal ini bertujuan untuk membuat para pengguna internet dapat melakukan interaksi dalam kelompok diskusi dan komunikasi dengan aman dan nyaman.
Asli kata dari netiquette di bagi dalam dua kata, yakni Network dan Etiquette. Pada awal adanya internet istilah netiquette belum ada pada saat itu. Di dalam internet  tidak terdapat aturan tertulis yang baku dan tidak juga memiliki aturan yang  legal yang dapat digunakan sebagai acuan yang digunakan dalam memperlakukan arus informasi dan mensikapi data yang ada di dalamnya. Orang mengartikan bahwa netiquette merupakan sikap atau suatu perilaku yang sesuai etiket pada saat adanya hubungan dengan jaringan internet itu berlangsung.
Dasarnya netiquette yaitu merupakan suatu panduan tentang bersikap dan berperilaku sesuai dengan aturan yang ada di sekitar atau lingkungan internet itu sendiri. Dalam hal mematuhi aturan – aturan yang ada , maka akan sangat bermanfaat dan juga dapat membantu para pengguna jaringan internet dalam hal berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain tanpa terjadi masalah antara para pengguna dengan orang lain atau orang yang berkomunikasi dengan para pengguna tersebut.
Pada kelompok diskusi yang dilakukan secara online, merupakan suatu sumber yang hebat yang berupa hal dari sarana inspirasi dan informasi untuk anda para pengguna, dapat dikatakan suatu tempat yang tepat untuk dapat membangun kontak dari jaringan anda para penggunanya.
Beberapa cara untuk melakukan kelompok diskusi dalam menjaga etika pada saat penggunaan internet itu sendiri yaitu dapat beradaptasi dengan gaya dan tema – tema mereka yang ada di dalam kelompok tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar