Selasa, 23 November 2010

Mengenai Cara, Sarana, Jenis Hubungan dan Perangkat yang Dibutuhkan untuk Terhubung ke Internet

Cara untuk terhubung ke internet membutuhkan Internet Service Provider ( ISP ). ISP biasanya menyediakan suatu sentral ( node ) pada kota – kota tertentu, dimana node ini melayani akses – akses sambungan dari para pelanggannya atau penggunanya.
Pengguna internet dapat  terhubung melalui beberapa cara, seperti :
1.      Modem
Beberapa orang banyak yang sudah menggunakan modem untuk melakukan hubungan jaringan atau melakukan komunikasi dengan internet. Biasanya modem ini digunakan untuk menghubungkan komputer ke node Isp.
Modem mempunyai beberapa jenis :
         Modem Dial – Up
Yakni digunakan untuk menghubungkan antara komputer ke jaringan dengan menggunakan saluran telepon dan sambungan tersebut menghubungkannya dengan internet.
         Modem Cable
Yakni untuk menyambungkan koneksi ke internet melalui ISP, biasanya memanfaatkan koneksi kabel dari perusahaan tv kabel untuk melakukan layanan siaran  tv. Modem ini sangan terbatas dikarenakan modem cable ini hanya ada di kota kota besar saja namun menggunakan koneksi tv kabel ini juga terjadi ketidakstabilan dalam kecepatan jaringannya, karena harus berbagi jaringan dengan pengguna yang lainnya.
         Modem DSL
Yakni penggunaannya sama dengan Modem Dial – Up, sama – sama menggunakan kabel telepon, namun perbedaannya yakni pada Modem Dial – Up harus selalu menggunakan saluran sarana public, sedangkan Modem DSL dapat menggunakannya tanpa melalui saluran saran public. Dengan menggunakan koneksi dengan Modem DSL ini, memiliki keuntungan yakni kecepatan yang stabil dan dapat memberikan kecepatan tinggi ( Broadband ) dalam penggunannya.
2.         Router
Dengan sebuah router, akan menghubungkan antara dua jaringan dan dapat menyalurkan data ataupun tidak menyalurkan data yang tidak diperlukan masuk ke dalam jaringan tersebut. Router yang bertugas dalam pengaturan data – data yang ada, dan router juga akan selalu memastikan data yang telah dikirim sampai pada tujuannya .
Pada router untuk koneksi internetnya adalah setelah memasukkan modem  dan kemudian setelah itu ada beberapa terminal ( PC ) yang terkoneksi ke internet pada waktu yang bersamaan.
3.      Hub
Yakni Hub akan menghubungkan perangkat – perangkat atau terminal – terminal ( PC )pada satu LAN. Hub memiliki port – port yang akan dikoneksikan ke computer masing – masing
4.      Switch
Switch memiliki fungsi yang sama dengan Hub, namun switch memiliki kemampuan yang lebih baik dari router.
Kerja switch yakni membagi waktu pengiriman data dan mengatur dari mana asal muasal data tersebut.
Hubungan antara komputer dengan internet harus ada sarana yang harus ada jika ingin terhubung ke internet, yaitu :
1.      Adanya dukungan hardware ( perangkat keras )

a.      CPU
Dapat disebut juga dengan prosesor, disarankan lebih tinggi lebih baik untuk frekuensinya , karena akan sangat mempengaruhi lambat cepatnya pada proses kerja computer.
b.      RAM ( Random Acces Memory )
Dapat disebut juga dengan memori, disarankan menggunakan memori yang bagus yakni 64 Mb, maka akan lebih cepat cara kerja
c.       Hard Disk
Merupakan suatu tempat untuk menyimpan program – program pada computer baik itu merupakan program sistem, aplikasi browser maupun program pendukung dalam internet.
d.      VGA ( Video Grafik Array )
VGA mmiliki fungsi yakni untuk memberikan tampilan ke layar komputer.
e.      Sound Card
Memiliki fungsi menampilkan data atau file yang berbentuk suara ke dalam speaker, jika pengguna internet membuka mp3 atau film , maka pengguna dapat mendengarkannya.
f.        Monitor
Monitor yang dianjurkan adalah menggunakan monitor yang berukuran minimal 14 inci, lebih baiknya menggunakan yang lebih besar, karena lebih baik dalam melakukan editing atau penyuntingan.
g.      Modem ( modulasi Demodulator )
Modem berfungsi dalam merubah sinyal digital ke sinyal analog, ataupun sebaliknya. Modem juga dibagi dalam  2 macam, yakni Modem Internal dan Modem Eksternal.
h.      Telepon
Modem membutuhkan telepon dalam menjalankan pengoperasiannya, maka dengan telepon inilah yang akan menghubungkan pengguna komputer satu dengan  yang lainnya dalam jaringan global yang sangat populer, yang kita sebut dengan internet.
                                                                                                                       
2.      Dukungan software ( Perangkat Lunak )
Perangkat lunak dalam komputer yakni suatu program – program computer yang dapat mengoperasikan atau dapat memproses dan juga memaksimalkan kerja komputer tersebut.
Maka dari itu software juga memiliki program – program yang dibutuhkan  oleh komputer yakni :
a.      Program sistem
Program sistem yakni sistem operasi pada computer yang bertugas untuk mengaktifkan dan mendeteksi semua perangkat yang terhubung di dalam computer, baik itu hardware maupun software.
b.      Program Aplikasi
Berfungsi dalam proses pengolahan kata dan angka.
c.       Program Browser
Program inilah yang akan berfungsi dalam proses atau dalam penghubungan antara komputer dengan  internet dan program ini juga yang dapat membuka halaman – halaman Web dalam internet.
d.      Program Anti Virus
Berfungsi dalam meminimalisir dan mencegah  akan masuknya virus  ke dalam komputer para pengguna komputer itu sendiri.
e.      Cute FTP, Go! Zilla, dan WSFtp
Yakni merupakan software yang khusus dalam proses mentransfer file.
f.        Program E-mail
Memiliki fungsi yakni untuk mengirim dan menerima e – mail yang ada dalam internet.
g.      Program Chatting
Merupakan suatu program untuk dapat berkomunikasi di dalam internet melalui tulisan, suara dan bahkan bisa langsung para pengguna dapat bertatap muka langsung pada lawan bicaranya. Semua fasilitas ini dapat di dapatkan pada program chatting.
h.      ISP ( Internet Service Provider )
Merupakan bentuk penawaran jasa layanan kepada anda para pengguna untuk berhubungan dengan internet.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar