Selasa, 23 November 2010

Fenomena yang Menggambarkan Dampak Internet Baik pada lingkup Individual Maupun Masyarakat , dari Berbagai Tinjauan Psikologis


Sering sekali kita melihat anak kecil ( anak sekolah dasar ), yang sedang bermain game online dan mereka betah  berlama – lama bermain di depan computer, namun sekarang ini jarang sekali
Anak – anak menonton televisi dirumah ataupun bermain  bersama teman – temannya, sekalinya bermain bersama teman – temannya mereka malah ke warnet  untuk bermain game disana.
Lalu bagaimana dampak internet yang terjadi pada diri individu maupun terhadap masyarakat menurut tinjauan berbagai psikologis??

Uses and Gratification Theory dan Social Learning Theory
teori ini sangatlah terkenal, dimana teori ini membahas tentang Mempelajari tentang pemilihan dan konsumsi media oleh diri individu untuk melengkapi kebutuhannya dan juga mempelajari aksi peniruan ( meniru ) perilaku dari seorang individu maupun kelompok dalam apa yang ditampilkan di media itu sendiri.
Dalam hal ini, bukan hanya anak – anak saja yang harus mempelajari  dan memilah milih, dalam hal mengkonsumsi media ini, namun para remaja juga harus dapat melakukan hal tersebut, dikarenakan saat ini sudah banyak media yang negative untuk di konsumsi.

Computer-Mediated Communication
Konsep penting adalam teori ini adalah presence  yakni kondisi psikologis dimana objek yang dilihat , yang dibentuk oleh computer diperlakukan seperti obyek yang nyata, sedangkan sosial presence yakni kondisi diamana pelaku sosialnya mendapatkan pengaaman sesuain dengan isyarat atau pun lambang – lambang sosial yang ada dalam berbagai media komunikasi. Sosial presence dikatakan tinggi dikarenakan apa yang ditampilkan di komputer ataupun internet dapat menampilakan bukan hanya dalam bentuk tulisan    ( teks ) maupun grafis tetapi juga dalam bentuk audio visual dan  mampu bertatap muka dan dapat berinteraksi secara langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar